Kamis, 11 Februari 2016

Emak-emak Mengejar Beasiswa: Part 1

Emang kalo sudah menikah, punya anak dan jadi emak-emak, ga boleh ya mengejar beasiswa?hehe. Terkadang saya sedih kalau melihat beberapa Ibu yang terkesan nyinyir kalau ada emak-emak yang mau sekolah lagi. Saya yakin ini bukan masalah pilihan ego pribadi atau tanggung jawab sebagai ibu dan istri. Justru, melanjutkan pendidikan itu salah satu cara untuk mencerahkan masa depan keluarga. Kalo di bahasa sosiologinya sih, pendidikan itu salah satu alat mobilisasi dalam stratifikasi sosial. Hehe.

Anyway, dari dulu, zaman masih muda, single dan imut-imut dulu, saya punya impian untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Tapi, itu sebatas ucapan keinginan saja. Tidak ada realisasi berarti selain mengagumi orang-orang dan teman dekat yang satu-per-satu berjuang mendapatkan beasiswa atau mengontak mereka untuk menanyakan apa saja yang harus dilakukan untuk mempersiapkan beasiswa. That's it. Tidak ada movement yang berarti. Kenapa?karena saya merasa tidak percaya diri, merasa sulit dan banyak hambatan, malas serta takut. Iya, pikiran saya sendiri yang justru melemahkan diri saya.

Sampai suatu waktu di tahun 2013, ketika kami sedang mengalami kesulitan keuangan dan saya tengah terlibat pembicaraan serius dengan Pak Suami di sebuah taksi. Posisi saya saat itu sedang hamil. Saya betul-betul 'tertampar' dengan kata-kata suami saya, hingga saya cuma bisa terdiam dan menangis sepanjang perjalanan. Haha. Intinya nih, Pak suami mempertanyakan mimpi saya untuk mengejar beasiswa dan apa realisasi yang sudah saya lakukan untuk mengejar mimpi itu. "Jangan cuma ngomong doang mau beasiswa, dari dulu sampe sekarang cuma ngomong doang. Realisasiin dong, bikin rencana dan pergerakan yang jelas" begitu lah kira-kira penggalan sadis kata-kata suami saya (maklum cyin, orang hamil kan sensitif ya.Haha). 

Wah, panas dong saya. Kata- kata suami saya akhirnya jadi pecut bagi saya. Saat itu saya berpikir: "Eh, liat aja nanti ya, habis gw lahiran, gw akan mulai bergerak dan gw buktiin kalo gw nggak cuma ngomong doang". Hahaha, padahal gak tau aja sejuta tantangan menunggu untuk dihadapi saat masa persiapan beasiswa itu. Gimana perjuangan belajar saat menyusui bayi dan mengurus anak, bekerja kembali dengan rutinitas menggila, sampe ketika kewalahan mengisi form aplikasi beasiswa karena kelelahan bagi waktu jadi ibu dan pekerja kantoran.

Tetapi hari ini, saya bisa tersenyum mengenang itu semua. Suami saya pun tersenyum bangga. Karena kemarin, saya mendapatkan email seperti dibawah ini:



Alhamdulillah. Tuhan tidak tidur. Tuhan tahu perjuangan saya untuk mencapai mimpi. Tuhan membayar semua kerja keras saya. Semua tangisan, lelah, kantuk, amarah, terbayar dengan satu email ini. Halah, mulai lebay dan melankolis nih. Besok, akan saya bahas satu persatu persiapan mengejar beasiswa, siapa tahu bisa jadi referensi. Hehe. Tulisan ini sebenarnya saya tujukan buat para ibu yang sering kali berpikir: "Ah, saya sudah menikah dan punya anak, buat apa sih saya mengejar mimpi?" Bayangin dong mak, kalo mak-emak bisa dapet beasiswa, anak bisa ikut ngerasain pendidikan berkualitas dan kualitas hidup serta lingkungan yang baik untuk bertumbuh. Saya sih pengen ngerasain pengalaman baru itu. So, jangan pernah melupakan mimpi ya mak! Dunia terbentang luas untuk dijelajahi. Hehe.

6 komentar:

  1. Saya alhamdulilah dpt beasiswa pas single pas menikah pun belom lama dapet lagi. Ngak ada halangan kok terutama bila suami mendukung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya mba..yg membatasi diri kan kadang memang pikiran kita sendiri..keren bgt mba bs dpt beasiswa smp 2 kali 😊

      Hapus
  2. Mak genaa congrats yaa.. jadi akan ke aussie ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa makbon..insya allah kalau ga ada halangan bakal kuliah di aussie.hehe.doain semua lancar ya mak

      Hapus
  3. Masya Allah Genaaa....berkaca-kaca, memang mimpi itu harus diwujudkan !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa anggi..semangat wujudkan mimpi yaa!hehe

      Hapus