Kamis, 21 April 2016

Parenthink: 4 Cara Simpel Bikin Anak Suka Nulis!

Selamat Hari Kartini, smart readers! Seneng banget hari ini liat banyak perempuan pake baju kebaya ke kantor. Dan yang bikin seneng lagi, banyak merchant yang ngasih promo buat perempuan di Hari Kartini ini. Haha *bancigretongan mode on. Eniwei, hari ini kan banyak ya yang posting tentang tulisan dan surat Kartini di Instagram atau Path. Tetiba, saya teringat, waktu kecil dulu, rasanya orang tua saya benar-benar menyemangati saya untuk rajin menulis. Nantinya, saya ingin mengadopsi cara-cara orang tua saya ini ke anak saya. Cara yang mana, daripadanya, saya kira (panjang amat) dapat membuat saya suka dan rajin menulis. Hehe. Kalo gitu, apa aja yah cara-caranya?

1.    Mengirim Surat ke Kakek – Nenek

Jadi, nenek – kakek saya dulu tinggal di luar Jakarta. Yang dari pihak mama saya tinggalnya di Cirebon, sedangkan nenek – kakek dari papa saya tinggalnya di Tapos, Cibinong. Oke cukup info gak pentingnya. Hehe. Begitu saya bisa menulis dan membaca, papa mengajarkan saya untuk menulis surat kepada nenek dan kakek. Haha, old school banget ya kalo dibandingin dengan jaman sekarang yang udah..cang gih sana pake email aja. Hehe. Isinya sih simpel, hanya sekedar menanyakan kabar kakek dan nenek serta menceritakan keadaan saya waktu itu. Terkadang, saya juga bercerita tentang pengalaman seru jalan-jalan dengan keluarga atau di sekolah. Tebak apa serunya dari kegiatan ini? Nenek dan Kakek saya terharu bahagia setiap kali membaca surat saya. Sedangkan saya? Saya selalu tidak sabar menunggu pak pos mengantarkan balasan surat saya dari kakek dan nenek..Ahhhh, bener-bener menyenangkan deh! Bikin seneng nulis kan jadinya..

Kira - kira macam gini lah gaya saya nulis dulu waktu kecil. Persis sama. Apalagi mukanya. Hahaha (sumber foto: www.dreamstime.com)


2.    Membelikan Buku Diary Lucu
Pada punya nggak sih buku diary lucu dengan karakter kartun yang lagi ngehitz (pake Z) saat itu?lengkap dengan gembok dan kunci-nya?Hahaha, percaya lah mak, emak-emak juga pernah alay. Nah, saya sih dulu seneng banget dikasih diary macam begitu. Hampir tiap hari kali mak saya nulis di buku diary. Abis pulang sekulah biasanya. Terus kalo udah kelar dikunci deh, biar nggak ada yang baca. Hahaha. Saya pikir cara ini juga masih bisa lah ya diterapkan ke anak kita di jama millenium ini *hah!pasti udah lama kan nggak denger kata millenium semenjak sinetron panji manusia millenium itu *prett.

Ini nih diary karakter yg bergembok dan berkunci ituuuhhh..Aaaakkk, punya saya dulu kemana yah?


3.    Sering – sering mengajak anak ke Toko Buku dan Alat Tulis
Kalo yang ini, emak-emak kece jaman sekarang pasti udah pada mulai terapin deh ke anaknya. Sabtu atau minggu jalan- jalan ke Gramedia atau toko buku lainnya. Kalo dulu, saya paling sering diajak papa saya ke Toko Gunung Agung yang letaknya disamping Kali Kwitang. Yang ada restoran A&W-nya itu loh. The best part-nya, setiap habis beli buku dan alat tulis yang lucu-lucu, kami pasti menyempatkan makan di A&W. Serunya, A&W disana ada wahana mainnya..*sederhana memang kebahagiaan anak kecil itu..*sesederhana ayam fast food dan mainannya. Baru-baru ini, saya mulai menerapkan itu ke anak saya, Janthra. Mengajak dia ke Gramedia untuk membeli buku bacaan, karena Janthra masih balita, setidaknya mari mulai menumbuhkan minat baca sebelum menulis. Tapi, oh oh astaga, dia malah lebih tertarik (lebih tepatnya betah) berada di bagian mainan. Bukan betah aja sih, tapi pake acara ngambek minta dibeliin mainan. Gak apa-apa ya, semua butuh proses..*sambil ngacir gendong Janthra. Tapi bener deh, punya buku dan alat tulis yang lucu itu bikin semangat untuk nulis dan belajar. 

4.    Membuat Kartu Ucapan untuk Mengekspresikan Diri
Modal saya dulu cuma dikasih kertas karton warna-warni, stickers alias tempelan lucu dan spidol. Walau tulisan masih jelek macam ceker ayam, setidaknya metode ini bikin anak kita makin sering latihan nulis dan kreatif. Walhasil, mama saya dulu sih seneng banget dapet kartu ucapan saya, yang mungkin sebenarnya gak bagus-bagus amat. Hahaha. Tapi sampe sekarang, kerasa juga efeknya di saya. Saya lebih senang ungkapin perasaan lewat tulisan dan lebih kreatif ..*pede *Hasssoooyy


Gitu deh kira-kira beberapa cara yang dipakai ortu saya untuk bikin saya suka nulis dan membaca. Maunya sih nih, saya juga terapin cara yang sama ke anak saya. Kan seperti kata Om Pram: “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian” – Pramoedya Ananta Toer. Setuuuuujuuu Om Pram! ;D




11 komentar:

  1. Wah ibu sama bapakku juga ngajarin keempat hal itu waktu aku kecil Mbak, terutama nulis surat buat saudara-saudara yang tinggalnya jauhan. Dan alhamdulillah anaknya jadi suka nulis deh. Kalau aku punya anak nanti juga mau diterapin ajaran bapak ibu dulu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Heryani!
      Tosss dulu dong kita!hehe..ternyata rumus ajaran ortu kamu sm ortuku sama yaa..iyaa, cara ini emg efektif bgt ya buat numbuhin hobi nulis..thanks for visiting ya!

      Hapus
  2. Tipsnya bagus. Ntr kupraktekin kalau anakku dah bisa nulis :)) TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba april!hehe..silahkeun dicoba nanti ya mba

      Hapus
  3. Alhamdulillah, nomor 2, 3, dan 4 sampai sekarang rutin saya terapkan kepada dua anak saya. Tapi, antara keduanya ada perbedaan; anak pertama (cowok) kurang gandrung dg dunia nulis, sementara anak kedua (cewek) suka banget nulis. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal, Mas Irham!

      Alhamdulillah udah pakai cara seperti itu ya mas..Katanya memang seperti itu mas, kalau anak cewek lebih rajin, sedangkan anak cowok kurang tertarik.haha..wallahu alam mas. Makasih sudah mampir..

      Hapus
  4. Sering2 diajak toko buku dan ngasih diary yg lucu, efektif utk membuat anak suka menulis. Hanya sj, utk anak cowok biasanya gak suka nulis diary.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuuu mba ririe..iya kalo anak cowok memang biasanya gak mau kalo tulis diary..hehe..makasih udh mampir ya mba

      Hapus
  5. Ah iya setuju banget dengan no 1, anak jadi suka menulis dan mengenalkan anak ke kantor pos ya :)

    BalasHapus
  6. saya setuju yg soal mengirim surat ke kakek nenek... saya jd inget malas mengirimkan kartu ucapan ke alm nenek krn sdh ada sms yg tentunya lbh murah

    BalasHapus
  7. Setuju! Aku suka nulis karena waktu kecil mama papaku menerepkan hal-hal ini ke aku, sampe sekarang aku doyan banget jajan alat tulis, hehehe

    Salam,
    Aci

    BalasHapus