Selasa, 16 Agustus 2016

Mengenal Lebih Dekat MPR-RI

Awalnya, saya punya anggapan bahwa para wakil rakyat yang duduk di lembaga pemerintahan negara sekelas MPR-RI itu seperti “berada di menara gading”. Jauh, sulit dilihat dan tak terjamah. Sampai tibalah saya di satu acara bertajuk “MPR-RI Ngopi Bareng Netizen”. Wow! Ini beneran ada acara semacam ini? Ternyata benar adanya loh, karena Kamis, 11 Agustus 2016 lalu, berlokasi di sebuah kafe di Senayan City Mall, saya bersama teman-teman blogger dan media dapat berjumpa sekaligus berdiskusi hangat dengan Ketua MPR RI (Zulkifli Hasan) dan Sekjen MPR RI (Ma’ruf Cahyono).

Penyebaran Informasi

Mungkin bukan saya saja yang beranggapan bahwa selama ini, peran dan kinerja MPR-RI seperti belum terlihat. Berangkat dari anggapan itulah rasanya MPR RI mengadakan event ini. Tidak lain, tidak bukan, adalah untuk menyebarkan informasi tentang performa dan kinerja MPR RI kepada seluruh masyarakat Indonesia. Selama ini, sudah dilakukan berbagai cara untuk mencapai tujuan tersebut, termasuk mengundang beberapa rekan media untuk datang dan mendampingi setiap aktivitas MPR RI. Namun, seiring perkembangan waktu dan tumbuhnya “kekuatan komunikasi baru”, MPR RI menyadari bahwa saluran penyampaian komunikasi yang ada harus lebih dioptimalkan.

Mas Andi dari Sekretariat MPR - RI selaku MC membuka acara Ngopi Bareng MPR-RI

“Saat ini, blogger dan netizen dianggap sebagai kekuatan komunikasi baru yang mampu mengoptimalkan penyebaran informasi”, Jelas Mas Andi dari Sekretariat MPR RI yang juga merupakan MC dalam acara tersebut. Oleh karenanya, MPR RI berharap agar blogger mampu membantu sosialisasi kinerja MPR dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti khalayak ramai. Wah, senang ya ketika mendengar salah satu lembaga tinggi di Indonesia yang mau berbenah diri dan berkolaborasi dengan banyak pihak.

Mba Mira Sahid mewakili teman-teman Blogger bercerita pengalamannya membantu MPR RI dalam mewujudkan Ngobrol Bareng MPR RI

Agustus: 3 Agenda besar MPR RI

Memasuki bulan Kemerdekaan Indonesia, ada 3 agenda besar yang harus diimplementasikan oleh MPR RI, diantaranya:
  • Sidang Tahunan (16 Agustus 2016). Adalah sidang rutin yang memfasilitasi Presiden RI untuk memaparkan laporan kinerja lembaga negara kepada MPR RI melalui pidato. Jadi, agenda tunggalnya memang hanya untuk mendengarkan pidato yang disampaikan Presiden RI ya, tidak terkait dengan pengambilan keputusan.
  • Hari Konstitusi (18 Agustus 2016). Dalam acara peringatan Hari Konstitusi ini, Presiden RI akan memberikan pidato sekaligus akan diselenggarakan juga Final Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar. Nah, masih ingat gak dengan Empat Pilar? Empat Pilar itu adalah Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinekka Tunggal Ika. Harapannya sih, dengan adanya Hari Konstitusi ini, masyarakat Indonesia akan lebih sadar berkonstitusi.
  • HUT MPR RI (29 Agustus 2016). Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk mensosialisasikan konsep Empat Pilar kepada masyarakat Indonesia. Misalnya saja, akan diadakan kegiatan MPR RI berdzikir untuk mengundang seluruh elemen masyarakat, termasuk para tokoh agama, yang diharapkan dapat menyampaikan pesan positif terkait dengan Empat Pilar kepada masyarakat luas.


Pada intinya, seperti yang dikatakan oleh Ma’ruf Cahyono (Sekjen MPR RI), “MPR RI memiliki mimpi sesuai dengan wewenang dan tugasnya, termasuk melakukan internalisasi ideologi Pancasila”. Maka, perlu dilakukan berbagai cara untuk mencapai tujuan tersebut. Well, masih ingatkah kalian waktu zaman SMP dulu, pernah diminta mengikuti Penataran P4 di sekolah? Ternyata itu adalah salah satu cara yang dilakukan untuk sosialisasi Empat Pilar. Sekarang ini, MPR RI mencoba beberapa kegiatan baru untuk melakukan internalisasi terhadap Empat Pilar. Termasuk dengan membuat Gerakan #IniBaruIndonesia.

Pak Ma'ruf Cahyono (Sekjen MPR RI) dan Mas Andi sedang memulai diskusi mengenai agenda MPR RI di bulan Agustus
Pak Zulkifli Hasan (Ketua MPR RI) sedang sharing mengenai Program MPR RI

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan juga menambahkan bahwa saluran komunikasi antara masyarakat dengan MPR RI, diharapkan jauh lebih terbuka di masa depan. MPR RI ingin merangkul teman-teman media dan netizen untuk terbuka menyampaikan aspirasi atau komunikasi langsung, termasuk dengan beberapa kegiatan seperti; Bedah Buku Mingguan, Focus Group Discussion serta temu muka langsung. Wih, semoga niat baik MPR RI ini dapat konsisten dilaksanakan ya.   

17 komentar:

  1. Super! Terima kasih sudah berbagi ya mak Gena. Jangan kapok kalau diundang lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba miraa..pasti gak akan kapok dong kalo diundang lagi..hehe

      Hapus
  2. jadi bisa lebih dekat ya MPRRI dengan masyarakat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuulll mba miraa..semoga ke depan makin harmonis.hehe

      Hapus
  3. wah ini kesempatan yang berharga banget ya ,gak semua masyarakat bisa masuk ke gedung ini. Semoga sebagai blogger bisa ikut serta memberikan infromasi positif pada pembaca. Salam kenal mbak. Terima kasih ya sudah mampir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba lidya..kita sbg blogger bisa bantu sebar informasi yg positif jg..thanks jg mba dah mampir

      Hapus
  4. Seru ya Mba Gena acaranya. Dulu kayaknya sidang tahunan MPR itu gegap gempita, gatau kenapa beberapa tahun terakhir ga kedengeran gaungnya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa nia, seru bgt acaranya..mungkin krn byk isu jg ya akhir2 ini, jd ketutup isu lain.hehe

      Hapus
  5. Acaranya seruu. Di Malang kapan, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa Mba..Wah, kalau soal itu saya kurang tau mba..semoga segera diadakan di malang ya mba nisa

      Hapus
  6. Keren, jadi bisa mendekatkan para pejabat pemerintah dengan masyarakat ya, khususnya di bidang pers.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mas son..bagus bgt acara macam gini..bisa nyampein aspirasi juga.hehe

      Hapus
  7. Eehh udah beli domain ajaa.. keren.
    Gak seribet wp kayaknya ya mba. Sukses selalu yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi..iya Mba Susan..baru aja beli nih..memang ga seribet WP kayaknya mba..makasih ya mba..sukses juga buat mba susan

      Hapus
  8. Kamu juara mak, bisa bikin reportase macam ini #JadiMinderGw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halahhh mas cum..situ lebih ngeri lagi juara bikin reportase travelling..hehe

      Hapus
  9. banyak orang yang masih belum bisa membedakan antara DPR dan MPR. sosialisasi kaya gini, apalagi diliput ama blogger kawakan kayak mbak, udah tepat nih. semoga ke depan, lembaga-lembaga tinggi negara ini bisa perform dan terkabarkan kerjanya dengan cukup simetris

    BalasHapus