Rabu, 10 Agustus 2016

Faber Castell Workshop: Asiknya Berkreasi Tanpa Batas!

Halo Readers!

Adakah diantara kalian yang akhir-akhir ini sering pusing atau gampang marah? Jangan khawatir, solusinya mungkin hanya sesederhana menggambar atau mewarnai loh…Karena ternyata menggambar dan mewarnai itu bisa jadi salah satu alternatif aktifitas pereda stress. Masa sih? Iya..setidaknya itu yang saya alami saat mengikuti Workshop Connector Pen Craft & Creative Marker dari Faber Castell dan Kumpulan Emak-Emak Blogger pada hari Minggu, 7 Agustus 2016 lalu di Lippo Mall Kemang. Penasaran dong kayak apa sih workshop-nya? mari kakak, ikuti pengalaman saya dan teman-teman Blogger lain di acara ini.

Sesi I: Creative Marker

Sudah pada tahu dong Brand Faber Castell? Itu loh, brand terpercaya yang memiliki produk seputar alat tulis..pasti familiar kan dengan pensil 2B Faber Castell yang legendaris itu? hehe. Selain itu, perusahaan yang sudah berdiri sejak 1761 ini, semakin berkembang dan kuat loh, ternyata karena mereka berusaha menerapkan konsep tanggung jawab sosial berkelanjutan. Misalnya nih, mereka termasuk perusahaan yang menandatangani perjanjian bersama ILO terkait dengan tidak adanya eksploitasi terhadap anak di bisnis mereka. Tidak hanya itu, mereka juga telah disertifikasi oleh FSC (Forest Stewardship Council) yang menyatakan bahwa bisnis Faber Castell punya kepedulian terhadap hutan, lingkungan serta kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat lokal. Wow keren!.

Kembali ke Workshop yang diadakan Faber Castell, sesi pertama workshop dipandu oleh Mba Rahayu dari Faber Castell yang membahas tentang penggunaan creative marker. Pertama perlu tahu dulu dong, apa sih creative marker itu? Creative marker pada dasarnya adalah permanent marker dengan 10 pilihan warna yang dapat digunakan untuk menghias benda – benda di sekitar kita. Misalnya saja nih, saat workshop, Faber Castell menyediakan gelas, piring atau topeng yang dapat kami pilih menjadi wadah untuk menghias. Wuih! Kok bisa ya Creative Marker Faber Castell ini digunakan untuk menghias diatas barang-barang tersebut? Jelas bisa moms, karena ternyata goresan tinta dari produk ini cepat kering dan dapat diaplikasikan di berbagai permukaan bahan. Saking penasarannya, saya langsung mencobanya. Lalu, saya mengambil creative marker dari goodie bag yang sudah diberikan sebelumnya oleh Tim Faber Castell dan menggambar pola di sebuah piring.

MC dan Mba Rahayu dari Faber Castell saat pembukaan workshop

Tidak salah ternyata. Mata pena creative marker Faber Castell yang meruncing ini rupanya memudahkan kita untuk menggambar di permukaan yang licin seperti piring. Warna yang dihasilkan pun sangat cerah. Untuk harga, creative marker dari Faber Castell ini sangat terjangkau loh, yaitu Rp 12.000 per piece. Setelah menjelaskan mengenai creative marker, Mba Rahayu juga memperkenalkan kepada kami tentang teknik mewarnai. Benar- benar menambah wawasan banget deh ikutan workshop ini. Saya jadi tahu beberapa teknik pewarnaan, yang nantinya juga bisa saya ajarkan kembali ke anak saya. Biar emak-emak juga ‘tercerahkan’, berikut saya rangkum mengenai teknik pewarnaan yang diajarkan ya:

Teknik Pointilism: adalah teknik yang menggunakan titik – titik untuk mewarnai bidang gambar. Menurut saya, ini teknik paling mudah yang dapat diaplikasikan karena dengan teknik ini, kita hanya perlu membuat banyak titik-titik di satu bidang yang ingin diwarnai, sampai bidang tersebut dipenuhi warna yang kita inginkan.

Teknik Shading: merupakan teknik mewarnai dengan cara menimpa warna yang lebih terang ke warna yang lebih gelap. Semacam menciptakan efek gradasi pada bidang yang kita warnai gitu nantinya. Bagus deh.

Teknik Contouring: teknik mengisi bidang gambar dengan mengikuti bentuk terluar. Nah, sampai disini, teknik pewarnaannya mulai advance.

Teknik Patterning: ialah teknik mewarnai dengan menggunakan pola/motif yang berulang-ulang.

Beberapa teknik mewarnai yang diajarkan saat Workshop

Walau pada awalnya saya agak bingung, karena saya memang tidak punya bakat menggambar dan mewarnai, tetapi akhirnya saya beranikan diri untuk menghias piring menggunakan creative marker dari Faber Castell. Lucunya, saya ternyata sangat menikmati aktivitas mewarnai di workshop ini loh moms!. Pikiran saya relax dan saya langsung terkesima bahagia setelah melihat hasil teknik pewarnaan yang saya aplikasikan (Yah, pede aja lagi, namanya juga belajar. Haha). Ada semacam kepuasan batin dan efek menenangkan saat saya melihat hasil karya saya. Oh ya, satu saran saya, walaupun produk ini tintanya cepat kering, tetapi saat menggambar di satu bidang, sebaiknya beri jarak waktu atau space saat mewarnai di titik lainnya, agar tidak pudar terkena tangan. Bisa juga dengan sedikit meniup-niup atau mengipas bidang yang sudah diwarnai agar lebih cepat kering.

Tadaaa! ini hasil karya coret-coret saya menggunakan Creative Marker diatas Piring.

Sesi II: Connector Colouring Pens

Setelah beres mewarnai media yang sudah kami pilih, di sesi kedua workshop Faber Castell ini, kami akan diperkenalkan dengan 2 teknik tambahan dari mewarnai (Squiggling and Mozaic), sekaligus membuat edu-creative toys menggunakan connector colouring pens. Kali ini, Mas Rizal dari Faber Castell yang akan membimbing kami. Psssttt, Mas Rizal dan Mba Rahayu ini punya segudang pengalaman keliling dunia berkat menggambar dan mewarnai loh. Hebat ya!. Lalu, apa sih sebenarnya Connector Colouring Pens dari Faber Castell ini? Jadi, Connector Colouring Pens adalah spidol dengan banyak pilihan warna yang dapat digunakan tidak hanya untuk mewarnai, tetapi juga sebagai sarana untuk bermain. Macam lego gitu.

Mas Rizal sedang serius membimbing para blogger untuk mencoba macam-macam teknik pewarnaan

Selain warna yang dihasilkan sangat cerah, ternyata produk ini juga aman untuk digunakan oleh anak-anak. Karena, bahan baku tinta produk ini terbuat dari air dan food coloring. So, jangan khawatir moms, kalau tiba-tiba tintanya tertelan atau terhisap oleh anak kita, karena tinta connector colouring pens Faber Castell ini tidak mengandung zat kimia berbahaya. Sepanjang pengalaman saya menggunakan produk ini saat workshop, tintanya juga gampang dibersihkan dengan usapan tangan atau air. Saya pun semangat mewarnai kertas bergambar kupu-kupu dan roket agar nanti bisa dibuat mainan edukatif juga. Cukup menggunakan connector colouring pens dari Faber Castell ini.

Roket yang sudah diwarnai menggunakan connector colouring pens


Kupu-kupu yang rangkanya terbuat dari Connector Pens
Oke, Kalau begitu, apa dong bedanya Creative Marker dan Connector Pens? Nah, biar gak bingung, saya rangkum lagi ya berikut perbedaan yang saya temui pada dua produk ini: 
  • Creative Marker biasanya digunakan untuk berkreasi diatas media selain kertas, karena tintanya cepat kering dan tahan lama. Sedangkan, Connector Pens lebih banyak digunakan untuk mewarnai diatas kertas karena kandungan bahannya yang tidak mengandung alkohol.
  • Connector Pens tidak hanya berfungsi sebagai spidol untuk mewarnai, tetapi juga sebagai alat bantu untuk membuat mainan edukatif.
  • Connector colouring pens aman digunakan bagi anak-anak karena tintanya tidak mengandung zat kimia berbahaya.
  • Connector Pens mudah dihapus sedangkan creative marker lebih bersifat permanen dan tahan lama.

 
Atas: Connector Colouring Pens
Bawah: Creative Marker

Goodie Bag dari Faber Castell Workshop. Berguna banget!
Semoga lebih jelas ya, moms. Akhirnya, workshop ditutup dengan pengumuman lomba foto selfie dan karya yang paling unik dari para Blogger. Oh ya, workshop ini juga merupakan bagian dari Pameran Seni Faber Castell yang dilaksanakan di Jakarta, Bandung dan Surabaya di beberapa Mall terkemuka. Banyak hasil kerajinan tangan dan hasil karya yang bisa kita lihat juga loh. Overall, menurut saya, pengalaman workshop bersama Faber Castell ini, membuat saya semakin percaya menggunakan produk dari Brand Faber Castell ini. Boleh dikatakan beberapa produk alat tulis yang saya pakai sekarang juga dari Faber Castell, terutama pensil 2B dan penghapus untuk tes IELTS, tetap sama ketika waktu SMP, saya menggunakan pensil 2B dari Faber Castell untuk lembar jawaban ujian. Ibu dan ayah saya yang memang memiliki toko alat tulis pun mengatakan bahwa lebih banyak konsumennya yang menggunakan alat tulis dari brand ini loh. Jadi, siap berkreasi tanpa batas dengan Faber Castell dong?


Info Lebih lanjut:
Faber Castell Indonesia
Facebook: Faber-Castell International Indonesia
Twitter: @FaberCastell_ID



   

16 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Berarti creative marker dari Faber Castell juga bisa dipakai untuk melukis di atas mug dong ya? Keren! Beli ahhh!! Makash infonya mbak.. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mba nola..asik deh bisa bikin doodle gt di mug atau piring.hehe..selamat berkreasi ya mba!

      Hapus
  3. hai, makgen seruuuu bingiits acaranya, ak suka.. ak sukaa..
    gambar hiasan dipiring kamu juga kereen..
    makgen,ujung pen Connector Colouring sama Creative Marker beda gak ya?
    sama sama runcing ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahhh makpat..makasih ya..asal2 bener itu.hihi..

      Sama makpat, dua2nya runcing kok, tp kalo yg creative agak lbh runcing spy lbh mudah digunakan di berbagai permukaan

      Hapus
  4. setelah ikut acara itu saya jadi pede nge doodle walaupun masih kurang rapih hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha tosss mba rina! Aku pun jd seneng corat coret

      Hapus
  5. Kreatif mbak foto2nya hehehe.. Smoga menang yah :)

    BalasHapus
  6. Aku ora iso gambar, kalo gambar ntar malah stresssss hahaha. Aku butih nya piknik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaahhh, tulisanku di komen mas blogger kenamaan! Haha..udah om kamu ga usah bisa gambar, jalan2 manja aja.. nanti kalo bisa jg, yg lain ga kebagian rejeki.hihi

      Hapus
  7. klo di rumah suka dibuat mainan sama tiara itu yg connector pen.. sama kakaknya buat mewarnai tapi sama adiknya buat main macem sesuai daya khayalnya :D

    keren deh hasil ngelukis di piring nya.. jadi pengen beli yg creative marker..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh seru bgt maknik..multifungsi ya memang connector pen-nya..

      Iyaa maknik.keren hasilnya..ayo maknik dibeli, mayan buat coret2 saat stress.hihi

      Hapus
    2. Waah geen, makasi banyak atas infonya yah, berguna banget buat emak2 kayak kita2 ini. Sebelumnya, gw masih rada ragu mengenai bahan2 yg digunakan faber castell untuk mewarnai, apakah aman atau gak digunakan untuk anak2 balita, karna seusia mereka masih suka masukin alat tulis dan mewarnai ke dalam mulut,jadi pilih2 juga kl mau beli alat mewarnai. Sekarang aman deh, anak2 bisa seru mewarnai pake connector colouring pens, emaknya yg lagi stress bisa coret2 pake creative marker di piring dan gelas, happy semua deeh, hehehe

      Hapus
  8. Keceee bgt gambarnya makgen. Ternyata selain bakat menulis ada bakat gambar juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha aku mah apa atuh maklia..amiiinnin aja yaa..biar berkah.hihi

      Hapus