Rabu, 13 Januari 2016

Macetoss!

Sudah lama gak nulis di Blog dan sekalinya bikin entry, eh tentang kemacetan di Jakarta. Haha. Jadi ceritanya 2 hari lalu saya mulai bareng lagi nih pergi ke kantor tebeng sama suami saya naik motor. Yap! Naiknya tarif gojek akhirnya menggugah suami saya untuk kembali bangun pagi dan memberi saya tebengan untuk ke kantor. Sedih sih, tarif gojek naik, tapi gimana dong, lebih enak di-"ojekin" sama suami kan ya?Hehe. Walau makan hati juga sih bangunin Pak Misua. *eh

Biasanya, sepanjang perjalanan kami akan bertukar cerita sampe rasanya mulut capek ketawa-ketawa atau ngomong ngalor-ngidul ga jelas. Kadang juga diem seribu bahasa..*krik krik krik..Tapi, 2 hari lalu, kami malah diskusi selama perjalanan. Sambil menikmati kemacetan, diskusi apalagi sih yang kurang sedep diomongin kecuali diskusi tentang kemacetan itu sendiri?hahaha..Entah kenapa topik itu yang malah mencuat.

Jadi, kami sebagai penikmat sekaligus pengamat kemacetan amatir, berpikir kayaknya sekarang ini penyebab kemacetan udah bukan lagi karena angkutan umum yang nggak nyaman ya. Kalo dulu, itu kan yang selalu dijadiin alasan buat pengguna mobil, kenapa mereka males pake mobil. Terus anggapannya dulu itu peningkatan jalan harus linier atau sebanding dengan keadaan jumlah kendaraan. Nah, kalo menurut kami, rasanya anggapan itu sudah tidak relevan ya. Contoh macet di Tebet lanjut ke Cassablanca. Pemerintah menambah lebar badan jalan kan ya, terutama seberang mall kokas itu. tapi terus macetnya pindah ke persimpangan jembatan layang dan kuningan. Semacam bottleneck karena badan jalan yg melebar akhirnya menyempit lagi (gak banyak kendaraan yang lewat jalan layang itu soalnya).

Well, sampai lah kami pada kesimpulan bahwa penanganan masalah kemacetan di jakarta sekarang harus lebih ditekankan ke pola pikir warga Jakarta. Pola pikir bahwa walau ada kendaraan umum yang sekarang juga udah nyaman, tetep aja lebih enak naik mobil atau motor pribadi. Kenapa?karena menurut saya, lebih simpel, gak perlu gonta-ganti kendaraan kalau tujuannya jauh. Iya dong..manusiawi itu! Sebagian warga juga masih jadiin mobil atau motor sebagai parameter keberhasilan hidup, jadinya berasa punya prestige sendiri kalo bisa bawa mobil atau motor. Selain itu, macet juga sudah dianggap wajar oleh semua orang di Jakarta. Kalo dateng ke kantor telat, terus bos nanya, pasti jawabnya: jalanan macet pak! Dan si bos pun akan mengangguk dan memaklumi. Hehe, ini sebenernya keliru sih. Masa macet dianggap wajar, apalagi kalo judulnya macet di jalan tol alias jalan yang bebas hambatan. Hehe. Nah, kalo udah main ke pola pikir, orang psikolog rasanya harus ikutan kontribusi nih dalam hal menanggulangi masalah kemacetan ya.


Kalo dari saya, sebenarnya perlu revitalisasi beberapa sistem yang udah ada dan harus lintas sektoral. Misal, ide adanya bus atau mobil antar-jemput yang disediain oleh kantor-kantor, baik pemerintah maupun swasta, itu juga sudah cukup signifikan mengurangi kemacetan. Karyawan bisa duduk santai sampe kantor tanpa perlu gonta-ganti kendaraan. Yang ngantuk bisa tidur dengan nyaman. Bisa juga kan pemerintah bikin regulasi mengenai itu dan akhirnya jadi semacam mandatory kalo perusahaan dan kantor-kantor harus menyediakan bus atau mobil antar jemput buat karyawannya. Atau, ide anak muda yang tergabung dalam komunitas nebengers, itu juga salah satu ide brilian yang bisa dioptimalkan.

Yah, masalah kemacetan ini kompleks banget sih menurut saya, dan perlu ditinjau dari berbagai sisi. Semoga ya orang-orang pintar yang duduk di kursi pemerintahan bisa punya pemikiran revolusioner untuk mengatasi kemacetan yang ada. Amin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar