Jumat, 02 Desember 2016

Motorola TLKR T80 Extreme: Let's Go Beyond!

Sepertinya sinyal – sinyal ‘mama butuh liburan’ (bukan mama butuh pulsa) terbaca dengan baik oleh suami saya. Oleh karena itu, dua minggu terakhir di bulan November 2016 ini, kami sekeluarga memutuskan untuk melakukan aktivitas seru di alam. Yes!, kami memilih untuk saving alokasi bulanan shopping dan entertainment, demi untuk berpetualang bersama Janthra. Pilihan liburan pertama kami adalah canopy trail dan trekking di Taman Nasional Gunung Gede – Pangrango, sedangkan pilihan keduanya adalah panjat tebing via ferrata di Gunung Parang, Purwakarta. Hal seru lainnya dari liburan kali ini, kami berkesempatan untuk mencoba langsung Motorola Talker T80 Extreme. Wihiw! Oke, karena banyak-nya request dari teman-teman saya yang suka berpetualang dan beberapa yang punya provider layanan wisata, berikut review saya mengenai spesifikasi dan keunggulan produk ini ya:

1.    Reinforced Casing and Stylish

Pertama kali yang terlintas di pikiran saya begitu melihat produk ini adalah stylish. Hahaha. Ya maklumin aja ya perempuan, urusan penampilan jadi hal penting untuk dipertimbangkan. Dengan warna kuning menyala dan bentuk yang cukup ergodinamis, gadget yang berhasil memenangkan Reddot Design Awards ini memang sangat catchy dan nyaman untuk digenggam. Catchy karena di tengah alam, warna kuning menyala-nya sangat menonjol untuk ditemukan, apalagi jika dalam keadaan emergency, layaknya black box yang berwarna orange atau pelampung di pesawat yang berwarna kuning.

Tampak depan si stylish Motorola TLKR T80 Extreme

Body dan casing Motorola TLKR 80 Extreme ini juga sangat kokoh, sehingga sangat cocok digunakan untuk berkegiatan di alam bebas, seperti aktivitas trekking dan panjat tebing kami sekeluarga beberapa waktu lalu. Tempat penyimpanannya pun oke punya, semacam koper anti air yang sejenis dengan merek koper ternama, pelican case. Jadi, jangan khawatir, aksesoris gadget ini pun dapat terlindungi dengan baik. Praktis juga untuk dibawa bepergian jauh.

Dual Pack Package and Carrying Case Motorola TLKR T80 Extreme..cakep yes?

2.    Weatherproof and Waterproof

Nah, ini fitur dan spesifikasi yang penting banget bagi saya dan keluarga yang menyukai kegiatan outdoor. Karena ketika kita berhadapan dengan alam, semuanya bisa menjadi diluar kendali, contohnya cuaca. Seperti ketika trekking di TNGP bersama keluarga, sempat turun hujan selama sekitar 15 menit. Kalau gadget yang digunakan tidak tahan air, agak repot juga karena harus membawa dan membeli plastik khusus untuk melindungi. Secara tidak sengaja, kami juga sempat membuktikan daya tahan air produk ini. Ketika sampai di air terjun Cibereum, suami dan anak saya sempat mengeksplorasi beberapa air terjun, sementara saya menunggu di air terjun utama. Kami berkomunikasi menggunakan Motorola T80 Extreme ini di tengah percikan air terjun yang cukup deras dan intens. Nyatanya, memang tidak ada masalah. Wah, jadi penasaran pengen bawa gadget ini buat diving deh, hobi yang sudah lama belum saya lakukan lagi. Sampai jamuran itu diving license. Haha. Oh ya, tingkat ketahanan air produk ini mencapai IPX4. IP atau Ingress Protection X4 menunjukkan bahwa produk memiliki perlindungan terhadap percikan air yang datang dari segala arah.

Stand by di Air terjun utama Cibereum

3.    User – Friendly

Mulai dari memasang baterai sampai menggunakan produk ini, saya dan suami tidak memiliki kesulitan. Disamping tersedia panduan rinci di manual guidance book-nya, tombol fungsi yang ada pun tidak rumit. Untuk menyalakan radio talker ini, cukup dengan memutar tombol bagian atas di sebelah antena, pilih channel dan tekan tombol volume bawah untuk berbicara. Sangat mudah. Sampai anak saya Janthra yang berumur 3 tahun 4 bulan pun mampu menyalakan dan menggunakan Motorola Talker T80 Extreme ini. Sebagai informasi tambahan, produk ini memiliki 20 channel dan 120 Sub-channel dengan basis frekuensi untuk digunakan.

Saking mudah gunainnya, anak saya Janthra (3 tahun 4 bulan) pun bisa pakai T80 Extreme. Ahey!


4.    Excellent Battery Life

Brand Motorola yang sudah malang melintang di industri komunikasi internasional ini memang sangat memperhatikan daya tahan baterai. Seperti pada produk Motorola Talker T80 Extreme ini, baterai-nya tahan sampai 16 jam (tentunya berdasarkan penggunaan). Ketika saya menggunakannya, saya hanya cukup men-charge produk ini selama 14 jam untuk pertama kali, selanjutnya, bisa kami gunakan sekeluarga selama 2 kali berkegiatan di alam tanpa perlu di-charge lagi. Jika chargable battery-nya habis, don’t worry be happy, karena produk ini juga bisa menggunakan baterai biasa, seperti  4 buah baterai alkaline A3. 

Oh ya, selain unggul dalam hal ketahanan baterai, jarak penggunaan produk Motorola Talker T80 Extreme ini juga mencapai 10 Km loh. Tentunya tergantung topografi alam juga ya. Ga salah ya kalau Motorola menjadi pilihan brand untuk radio komunikasi sejak perang dunia kedua. Ketika kami mencoba saat panjat tebing di parang, suara masih terdengar sangat jernih melalui produk ini di ketinggian 150 meter. Saat trekking, saya pun masih bisa mendengar dan berkomunikasi dengan jelas menggunakan Motorola Talker T80 Extreme di jarak 2 kilometer. Kami memang tidak pernah terpisah terlalu jauh saat perjalanan, mengingat kami membawa anak.

 


5.    Affordable Price & Cost Efficient

Terakhir, masalah harga. Bagi pecinta olahraga extreme dan petualangan, harga Motorola Talker T80 Extreme ini sangat terjangkau, yaitu Rp 1.799.000. Pasti pada mengangguk nih. Iya dong, dibanding dengan peralatan lain olahraga tersebut yang harganya menggila, seperti harga BCD buat diver atau harga parasut buat paraglider. Haha. Selain itu, menggunakan radio komunikasi ini juga sangat efisien, karena kita tidak perlu membeli pulsa (seperti pada smartphone) dan juga tidak butuh sinyal. Penggunaannya juga bisa untuk personal atau community use, karena produk ini juga bisa dipakai untuk Group call.

Komunikasi ketika memanjat tebing pun menjadi lancar dan mudah


Disamping produk Motorola TLKR T80 Extreme ini, terdapat juga 4 produk lainnya yang masih termasuk dalam Motorola Talker series, yaitu TLKR T40, T50, T60 dan TLKR T80. Spesifikasinya tidak jauh berbeda, hanya saja untuk T60, tingkat waterproofnya baru mencapai IPX2 (sebatas percikan air) dan harga, tentunya dibawah T80 dan T80 Extreme.

Sumber: https://www.dnd.hu.com

Wokeh, kira – kira begitulah pengalaman saya memakai Motorola Talker T80 Extreme bersama keluarga. Sebenarnya akan lebih seru, jika di produk ini ada fitur GPS Locator ya. Namun, karena produk ini diperuntukkan untuk daily use, maka fungsi GPS Locator belum ada, tetapi, buat para profesional, anda tetap bisa menemukan fungsi GPS Locator di produk Motorola Turbo. Neil Amstrong aja, pakai produk Motorola loh untuk berkomunikasi saat di bulan, artinya, kredibilitas brand ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi ya dalam hal radio komunikasi. Apalagi kalau bukan karena komunikasi itu adalah hal yang sangat signifikan dalam setiap kegiatan manusia. So, whatever you do, wherever you go, stay connected with Motorola TLKR Radios!.


Note: 
Tulisan ini diikutsertakan dalam Motorola TLKR Blog Competition


52 komentar:

  1. Wah bagus juga nih cocok bgt buat aku yg hobi outdoor gini mba gen jadi pengen beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iyaa...cucok bgt buat yg hobi kegiatan outdoor..cuss beliii pran

      Hapus
  2. wahhh,produk impian nih gen, klo tulisan ini dishare ke group Pramuwisata lokal Raja Ampat, pasti banyak yg lirik,he..he. utk aktifitas outdor diraja ampat seperti trekking, susur goa, kayaking n bird watching,(cenderawasih) ini barang wajib, apalagi ditambah jarak jangkaunya yg jauh..sepertinya recomended deh gen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii mas irfan! Iya mas, produk impian cocok untuk daily use buat berpetualang..boleh dong mas dishare ya ke group pramuwisata lokal raja ampat. Thanks ya

      Hapus
  3. Thank Gena bwt ulasannya yg super duper lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih jg tira sudah mampir dan baca ulasanku ya

      Hapus
  4. Wah seru ya, emang lbh enak gak perlu nyari2 sinyal apalagi kalau lgi menjelajah daerah yg susah sinyal
    TFS :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuul mba april..lebih hemat juga..eh iya, ini bisa dipake buat belanja juga loh mba..misalnya mba april pegang satu HT ke lorong makanan, sementara suaminya pegang satu HT utk belanja di lorong automotif.hihi..praktis telpon2an tanpa pulsa

      Hapus
  5. Keren nih! Semoga menang ya, Gen.. Srru banget klo bisa bawa si Motorola TLKR berpetualang di Aussie nanti!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mel..amiiinnn..pengennya sih gt..coba diendorse ya, jd bs dibawa berpetualang ke australia nanti.hahaha..*ngarep

      Hapus
  6. Keren, sekeluarga suka extreme sport ya Mbak ^^

    BalasHapus
  7. Kekuarga kami keluarga petualang. Kami suka petualangan, terimakasih informasinya 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeay! Semoga membantu ya info produknya mba okti..

      Hapus
  8. Alat komunikasi seperti ini yang sangat dibutuhkan nih mba. Asyik ya bebas berolahraga tanpa kuatir komunikasi terhambat apalagi buat jaga2 saat emergency ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba..fungsional banget buat yg suka kegiatan outdoor..berasa aman dan tenang jdnya.haha

      Hapus
  9. Juna kalo dibeliin pasti suka nih, anaknya suka berpetualanggg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iyaa mba witri..ayo beliin juna..*kompor

      Hapus
  10. Boleh juga idenya ya.... masing2 pegang talki2.. mirip tim sar^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iyaa mba mutie..saling back up jadinya..yg jelas, komunikasi lantjar djaya.hahaha

      Hapus
  11. seru pakai motorolla t80 ini, kemarin aku dan suami udah nyobain sewaktu di mall saling kontaknya pakai ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh udah nyoba di mall ya mba..seru ya memang pake motorola tlkr ini..

      Hapus
  12. Wah produknya jadi angin segar buat mereka pecinta kegiatan outdoor nih. Hebat ya konsistensi Motorola. Nggak heran deh dia jadi brand radio komunikasi sejak perang dunia kedua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess mba..consistency is a must..seger bgt emang produk ini..pas di tangan, pas juga di kantong

      Hapus
  13. makgen.. ganti kulit blog yaaa.. kerennn.. lebih seger :)
    keren ini motorola-nya ya, dan kalian keluarga keren dehh.. pasti janthra udah gedenya hobi naik gunung juga ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa makbon..tapi belum kelar nih..masih ada revisi di kulit blognya..hehe

      Iya motorolanya keren makbon..semoga janthra gedenya jg cinta alam.hehe

      Hapus
  14. Tahan banting tapi harganya mending buat beli tiket jkt- bangkok pp aja hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahhh mas cum, bisa aja..tapi harga segitu dapet 2 loh mas cum. Hahaha..

      Hapus
  15. Aku kira awalnya ini GPS lho haha
    Bentuknya mirip mirip GPS.
    Eh ternyata kayak semacam handie talkie.

    Keren kalau jalan jalan bawa begini gak ribet telfon telfon, kadang ada beberapa area liburan gaada sinyal.

    Harganya cukup mahal juga sih, tapi kalau di bandingin sama parasut nya yang buat paralayang sih .. Ya emang remahan roti kali mbaaa wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya, pernah ada memang GPS Garmin yg modelnya kayak gini..iya mba laili, seru banget kan..gak lagi-lagi deh diledekin gini: "makanya, kalo beli hp sekalian beli sinyalnya juga"

      hahaha..iya doong..pasti lbh mahal outdoor gear lain kan

      Hapus
  16. thanks untuk reviewnya gencee... siyap2 colek abinya minta buat beliin.. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masamaaa Mba Miela...asiiikk..khalma punya mainan HT baru nih. Haha

      Hapus
  17. bentuknya lucu, jadi pengen punya

    salam
    gabrilla

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iyaa Gabrilla..lucu bangett..bikin mupeng ya motorolanya.hihi

      Hapus
  18. genaaa keren bangett

    aku baru tahu loh kamu sm suami suka adventure gitu,

    baru tau juga ada gadget yg khusus buat extreme traveling kaya gini ya..

    thanks ya gen sharingnyaa..^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih misiiinn..iyaa misin..ini motorola TLKR cihuy bgt dipake buat daily use juga..

      Hapus
  19. Kusuka template barunyaaa, kece! Itu foto kamu bersandar keren banget ceeuuuu, gahar gimana gitu. Duh sayangnya kemarin ngga bisa dateng, padahal ini device bagus banget buat road trip konvoy, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha makasih ceu' lisna yg cantik badaiii..keker keker ndut ya?hihi..

      Iya loh, sayang kamu ga jd dtg eventnya yaa

      Hapus
  20. ini keluarga keren banget...kompak banget dengan hobi outdoornya apalagi gadgetnya mendukung banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas...hehe..iya kudu cari gadget mendukung mas spy aman tentrem saat berpetualang..

      Hapus
  21. Wah itu nyobain di air terjun utama, sampe basah2 dong kamunya kena cipratan air terjun :D

    Cocok nih emang pas petualangan ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaa bener bgt kak timo..basah2 gt lah..tp seruu kak..

      Makasih dah mampir kak!

      Hapus
  22. Handy Talkie sangat praktis dan melancarkan koordinasi.
    Apalagi kalau sedang hectic, bisa komunikasi tanpa tatap muka.
    Kereenn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuull, mas agung..ini praktis bgt utk digunakan dan koordinasi jd lantjar jaya.hihi

      Makasih udh mampir mas!

      Hapus
  23. foto-fotonya asyik banget ya.
    bagaimana dengan ketahanannya ya Mbak, misalnya dibawa mendaki gunung?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas wadiyo..
      Kalo soal ketahanan, motorola TLKR ini memang diperuntukkan untuk kegiatan outdoor mas, selama naik gunungnya bukan gunung es, kayaknya masih suitable..kalo udh gunung es kan jatuhnya ekspedisi di medan esktrim tuh, ada seri yg lbh cocok dr motorola juga mas.hehe

      Hapus
  24. seruuu amat sih mbk, si kecil jg ikut berpetualang ya mbk, kereeenn, salut

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa mba inda..seru banget..apalagi dpt kesempatan nyoba Motorola TLKR..hihi

      Hapus
  25. Keren geeen! Cocok banget ya buat outdoor dan pas buat Gena yg sering naik gunung. kalau aku mah pasti ginian dipake yaya cuman buat maenan dari lt. 1 ke lt. 2 rumah ajaaah hahahah XD

    BalasHapus
  26. Beuh hehe, keren mba Gen. . Jadi cocok ya buat outing macem ini. Motorola TLKR...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha makasih ciii..cocok bgt ini buat outing..cobain deh..

      Hapus